Sunday, October 24, 2021

Alasan Rendang Khas Minang Menjadi Kuliner Nomor Satu Dunia

Rendang khas Minang

Rendang khas Minang
memang sangat ikonik hingga akhirnya dikenal ke seluruh mancanegara. Kuliner dengan bahan dasar daging asal Sumatera Barat itu bahkan dinobatkan sebagai makanan terlezat nomor satu di dunia

Di Indonesia sendiri, rendang menjadi salah satu sajian yang sangat disukai hingga memiliki beberapa varian masakan. Tidak hanya itu, ada beberapa hal menarik dari kuliner tersebut hingga diakui secara internasional.

Rendang Khas Minang dengan Segala Kelebihannya di Mata Dunia

Ada beberapa kelebihan dari rendang hingga makanan tersebut dianggap sebagai kuliner terlezat nomor satu di dunia. Mulai dari citarasanya yang khas, proses memasak dengan perpaduan bumbu, hingga sejarah di baliknya.

1. Dimasak dengan beberapa tahapan tertentu hingga matang

Salah satu rahasia kelezatan dari rendang terletak pada proses memasaknya yang memang penuh dengan perhitungan. Selain perpaduan bumbu dan rempah-rempah pendukungnya, ada waktu tertentu ketika memasak hingga benar-benar dianggap matang.

Dibutuhkan waktu 7-8 jam dengan tiga tahapan penting. Mulai dari gulai yang santannya masih berbentuk cair, dikentalkan agar berminyak (kalio), kemudan dimasak dengan api kecil supaya mengering hingga menjadi rendang.

2. Menggunakan rempah-rempah pilihan khas Nusantara

Indonesia yang kaya akan rempah-rempah menjadi sebuah anugerah tersendiri bagi sajian kulinernya. Seperti rendang misalnya, kelezatan rasa dan aroma dari makanan tersebut tidak lepas dari racikan rempah-rempah sebagai bumbu utamanya.

Racikan bumbu dari rempah-rempah pilihan tersebut tidak ditemukan di negara lain kecuali Indonesia dan masyarakat Sumatera Barat sendiri, yakni Suku Minangkabau. Tidak heran jika kelezatannya diakui secara luas hingga mancanegara.

3. Banyak diulas oleh chef ternama di dalam dan luar negeri

Rendang khas Minang menjadi salah satu kuliner favorit karena tidak hanya rasanya yang lezat, tapi juga sering dimasak sebagai sajian utama oleh beberapa chef terkenal di dalam maupun luar negeri

Chef tersebut adalah Wiliam Wongso asal Indonesia dan Gordon Ramsey yang asli dari Inggris. Keduanya menyajikan rendang secara lengkap, baik ketika proses memasak, memadukan bumbu, hingga disajikan dalam bentuk matang.

4. Memiliki beberapa variasi masakan berdasarkan bahan utama

Selama ini, rendang memang dikenal lewat bahan utamanya berupa daging sapi dan sejenisnya. Namun, kini banyak bermunculan kuliner serupa yang menggunakan daging ayam, ikan, telur, cumi, udang, paru, hingga babat.

Variasi bahan utama tersebut membuat rendang tidak hanya kaya akan jenis, tapi juga dari segi rasa. Bumbunya juga memiliki karakteristik unik namun tanpa meninggalkan ciri khas dari kuliner itu sendiri.

5. Kaya akan sejarah di masa lalu

Rendang khas Minang tidak hanya berbicara soal makanan saja, tapi juga sarat kisah yang penuh dengan sejarah. Menurut sejarawan Muhammad Nur, kuliner tersebut telah eksis sejak abad keempat dan sepuluh.

Sejarawan lainnya mengatakan, rendang merupakan bagian dari gerakan dakwah pada abad ketujuh belas oleh seorang ulama bernama Syekh Burhanuddin. Dirinya menyebarkan agama Islam di wilayah Sumatera Barat bersama sajian tersebut.

6. Makanan khas yang memiliki filosofi di baliknya

Selain kaya akan kisah sejarah, rendang juga memiliki filosofi penting di setiap bagiannya. Bagi masyarakat Minangkabau, makanan tersebut menggambarkan sikap yang harus dimiliki oleh manusia, yakni ketekunan, kesabaran, dan kebijaksanaan.

Hal ini berkaitan erat dengan proses memasak dan memilih perpaduan bumbu yang memang membutuhkan ketekunan, kesabaran, dan sikap bijaksana ketika telah berhasil melakukannya. Hingga akhirnya, kuliner tersebut memiliki citarasa terbaik.

Di antara ribuan jenis kuliner di Nusantara, sajian asal Sumater Barat di atas dikenal karena kelezatan dan filosofinya. Tidak heran jika rendang khas Minang menjadi kuliner terlezat nomor satu dunia.

 

 

Terimakasih Atas Kunjunganya, Silahkan Tinggalkan komenta Anda Dibawah ini