Monday, October 18, 2021

Jajanan Langka Murah yang Sudah Jarang Ditemukan

Jajanan langka Murah

Jajanan Langka Murah
Seiring perkembangan zaman dan semakin banyaknya budaya luar yang masuk ke Indonesia, terdapat jajanan langka murah, sudah jarang di temukan. Anda pasti sudah sering mendengar jajanan seperti klepon, getuk dan lemper.

Semua makanan itu masih bisa ditemui di sekitar rumah apalagi jika Anda berkunjung ke pasar. Tetapi, pernahkah Anda mendengar Lethek, Grontol, Gulo Puan. Bagi sebagian besar orang nama – nama makanan tersebut terasa asing.

Jika generasi muda penerus tidak mengetahui makanan – makanan ini, bukannya tidak mungkin beberapa makanan akan hilang atau mengalami kepunahan. Oleh karena itu, mengadakan festival kuliner Indonesia sangat penting untuk membuat banyak orang mengetahui lagi mengenai hidangan – hidangan yang mulai langka.

Inilah Daftar 10 Jajanan Langka Murah Meriah

 Selain lemper, klepon, getuk, ternyata masih banyak jajanan yang belum Anda ketahui. Berikut ini adalah 10 jajanan yang menjadi legend dan murah meriahnya.

1.      Mie Lethek Asal Bantul

Jajanan Langka Murah

Mie Lethek salah satu jajanan mie khas bantul. Disebut mie lethek karena warnanya yang keruh kecok
elatan tidak seperti mie pada umumnya. Pembuatannya masih dilakukan secara tradisional dan mirip dengan sohun.

2.      Gulo Puan, Palembang

Jajanan Langka Murah

Bukan Cuma pempek, Palembang juga mempunyai jajanan Gulo Puan yang dulunya merupakan camilan khusus bangsawan. Namun sayangnya, jajanan langka murah ini sudah jarang ditemukan. Terbuat dari susu kerbau dan gula.

3.      Sayur Babanci Khas Betawi

Jajanan Langka Murah

Sayur Babanci sudah kian langka, panganan ini merupakan khas betawi. Alasan dari kelangkaannya karena bahan rempah yang digunakan untuk membuat sayu babanci semakin sulit ditemukan. Oleh karena itu, hidangan ini hanya akan ada pada acara-acara besar saja.

4.      Bubur Bassang dari Makassar

Jajanan Langka Murah

Berbahan dasar jagung pulut atau jagung putih, jajanan langka murah ini berasal dari Makassar. Rasanya gurih karena santan dan garam, jika Anda ingin membuatnya manis tinggal tambahkan gula saja.

5.      Kidu Khas Suku Karo

Jajanan Langka Murah

Merupakan salah satu makanan unik berasal dari Suku Karo, terbilang unik karena Kidu ini terbuat dari ulat sagu yang dimasak menggunakan bumbu khas Karo. Sangat jarang ditemui, makanan ini merupakan menu utama dari acara tradisi disana.

6.      Clorot, Purworejo

Jajanan Langka Murah

Kue berbahan dasar tepung beras dan gula merah ini semakin jarang ditemui. Kue ini sangat unik karena pembungkusnya menggunakan janur kuning.

7.      Grontol, Jawa Tengah

Jajanan Langka Murah

Jajanan langka selanjutnya adalah grontol, berbahan dasar jagung dan ditaburi parutan kelapa. Memiliki perpaduan rasa yang luar biasa, rasa gurih dihasilkan dari jagung dan kelapa dan manis dari gula.

8.      Wedang Tahu, Semarang

Jajanan Langka Murah

Jajanan tradisional yang terbuat dari air jahe dan kembang tahu ini berasal dari Semarang. Cocok dinikmati pada musim hujan karena terkandung jahe yang menghangatkan.

9.      Madumongso Asal Jawa Timur

Jajanan Langka Murah

Dibuat dari ketan hitam, bercita rasa manis karena ketan hitam diolah terlebih dahulu menjadi tapai atau tape. Setelah difermentasi, ketan hitam dimasak bersama gula, santan dan nanas hampir sama dengan dodol atau jenang.

10.   Kue Rangi Punya Suku Betawi

Jajanan Langka Murah

Terbuat dari tepung kanji dicampur dengan kelapa yang dipanggang menggunakan cetakan khusus. Penyajiannya dilengkapi denga
n gula merah yang kental karena diberi tepung kanji.

Cara Melestarikan Makanan Khas Indonesia yang Hampir Punah

Indonesia memiliki keberagaman budaya yang sangat banyak, beda budaya beda juga makanan khasnya. Namun sayangnya, banyak dari jajanan langka murah menjadi jarang ditemui bahkan hampir punah.

Oleh karena itu, untuk menjaga terus keberadaannya semuanya memiliki tanggung jawab yang sama untuk melestarikan makanan khas Indonesia yang sudah jarang ditemui. Salah satunya dengan mengenalkan pada anak – anak agar terus terjaga kelestariannya antar generasi.

Anak – anak adalah penerus bangsa, mereka harus tetap dikenalkan dengan budaya agar tidak hilang ditelan zaman. Termasuk jajanan langka murah, dengan mengenalkan pada anak – anak, mereka akan terbiasa dengan makanan tersebut. 

Terimakasih Atas Kunjunganya, Silahkan Tinggalkan komenta Anda Dibawah ini