Friday, October 15, 2021

Makanan Khas Papua, Tuan Rumah PON XX 2021

 

Makanan Khas Papua

Makanan khas Papua itu beragam, selain papeda masih banyak lagi makanan unik yang ada disana. Menjadi tuan rumah PON XX menjadi ajang kesempatan memperkenalkan hidangan – hidangan khas Papua jarang diketahui oleh orang – orang.

Papua berada di ujung timur Indonesia, dikenal dengan kekayaan alamnya luar biasa. Tidak banyak yang tahu bahwa daerah ini menawarkan berbagai macam kuliner lezat dan unik sekali.

Selain papeda terbuat dari tepung sagu dan dihidangkan sebagai pengganti nasi. Masih banyak makanan khas dari Papua yang menggugah selera Anda dan ingin langsung mencicipinya.

Lima Makanan Khas Papua yang Harus Diketahui

Tidak hanya papeda, masih banyak makanan khas tanah mutiara hitam itu. Tidak hanya lezat tetapi sangat unik, inilah daftar lima makanan khas dari Papua yang harus diketahui.

1.      Ulat Sagu Bakar

Ulat sagu berasal dari pohon sagu merupakan salah satu bahan makanan yang sangat lazim dikonsumsi. Terdapat dua cara memakannya, dapat memakannya mentah – mentah atau dibakar. Ulat sagu ini biasanya dijadikan sebagai camilan saat berburu di hutan.

2.      Cacing Laut

Jangan bayangkan cacing laut sama dengan cacing yang menggeliat-geliat di tanah. Cacing laut biasa dioleh dengan berbagai macam cara, disate, digoreng, ataupun dibumbui balado. Anda wajib tahu, cacing laut ini dipercayai sebagai obat keperkasaan bagi laki-laki.

3.      Aunu Sanebre

Memiliki nama unik, aunu sanebre adalah makanan khas Papua yang terbuat dari campuran teri dan nasi digoreng. Teri dan nasi tersebut dicampurkan dengan irisan daun talas dan parutan kelapa menghadirkan rasa gurih dan lezat.

4.      Ikan Bakar Colo

Iklan bakar colo adalah hidangan ikan bakar dilengkapi dengan sambal colo – colo khas Papua. Sambal colo – colo terbuat dari campuran bawang merah, rawit, tomat, daun kemangi timun, jeruk nipis dicampur rata dan langsung dicampurkan dengan hidangan seafood seperti ikan bakar.

5.      Aunuve Habre

Aunuve habre adalah makanan khas terbuat dari potongan ikan cakalang dibungkus dengan daun talas yang sudah direbus hingga layu. Hidangan khas ini sangat mudah dibuat Anda juga dapat mencobanya di rumah agar dapat juga mencicipi hidangan ini.

Jadi Tuan Rumah PON XX, Ini Oleh-oleh Wajib Dibawa Pulang

Menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021, tentunya akan mengundang banyak wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung kesana. Tidak hanya membawa oleh – oleh seperti kerajinan noken, pernak pernik khas Papua, Anda juga dapat membawa oleh – oleh makanan ini.

1.      Kue Lontar

Kue lontar sebenarnya hampir sama dengan pie susu. Dinamakan kue lontar karena wadah yang digunakan untuk membuatnya menggunakan lontar, tetapi saat ini penggunaan lontar sangat jarang digantikan dengan wadah biasa berbentuk pirang cekung.

2.      Sagu Lempeng

Sagu merupakan salah satu bahan pokok bagai orang Papua, sehingga membuat bentuk olahan dari sagu sangat banyak. Salah satunya adalah sagu lempeng, camilan ini biasanya disajikan bersama taburan parutan kelapa.

3.      Keripik Keladi

Keripik keladi merupakan camilan lintas generasi yang sering ditemui disana. Terbuat dari ubi jalar atau talas diberi campur berbagai macam bumbu seperti garam, rawit, serta bawang putih. Rasanya merupakan kombinasi dari pedas manis.

4.      Kue Bagea

Ada lagi camilan terbuat dari sagu namanya kue bagea, teksturnya cukup keras. Kerasnya disebabkan karena kombinasi dilakukan antara tepung sagu dan kenari.

Pengemasannya juga dibuat unik karena menggunakan daun kering. Indonesia memiliki keberagaman budaya dari ujung barat sampai ujung timur Papua.

Ini juga berdampak pada bermacam – macamnya hidangan khas Indonesia. PON XX 2021 menjadi kesempatan Papua untuk memperkenalkan budayanya termasuk berbagai macam makanan khas Papua yang lezat dan unik. 

Terimakasih Atas Kunjunganya, Silahkan Tinggalkan komenta Anda Dibawah ini