Friday, October 8, 2021

Makanan Khas Rejang (Lema)

Makanan Khas Rejang

Makanan Khas Rejang
-Lema adalah sebuah nama makanan khas Rejang. Yang dibuat dari rebung atau bambu yang bau tumbuh yang dicincang-cincang,   Rebung atau bambu muda yang bau tumbuh tersebut  diambil di kebun kemudian  dikupas untuk membuang bagian yang keras. Harus hati-hati, karena banyak terdapat miang alias bulu-bulu halus yang membuat kulit kita gatal di permukaannya. Selanjutnya rebung ini dicuci bersih, lalu dipotong beberapa bagian. Potongan ini diiris tipis-tipis (seperti rolade), kemudian dicincang. Bentuknya nanti menjadi serpihan atau potongan potongan kecil.

Dalam situs wikipedia Lema adalah sebuah nama makanan khas Rejang. Komposisinya terdiri dari rebung yang dicincang-cincang, kemudian dicampur ikan mujair atau sepat. Setelah cincangan rebung yang dicampur dengan ikan tersebut diaduk-aduk, maka adonan tersebut disimpan ke dalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang dan ditutup rapat-rapat. Proses fermentasi ini membutuhkan waktu minimal selama tiga hari. Setelah itu, baru lema siap untuk dimasak sebagai lauk saat makan nasi.

Sebenarnya Lema beraroma agak tidak sedap atau bau sebelum di Masak. Itu merupakan efek dari fermentasi rebung atau bambu muda yang baru tumbuh. Meskipun baunya yang kurang enak akan tetapi banyak yang menyukainya. Karena Keunikan dari aroma dan cita rasa yang dihasilkan lema, maka lema menjadikan makanan khas yang  disukai suku Rejang tetapi juga banyak orang yang datang ke suku Rejang Tersebut

Leme dimasak menjadi beragam masakan dengan bumbu dasar sambal.  Sederhananya lema dibuat sambal dengan Cara  ditumis bawang merah dan putih kemudian dihalus. Setelh Begitu harum masukkan leme dan sedikit air. Di tambah sedikit  garam dan gula pasir secukupnya. Rasanya? Jangan tanya. Campuran asam, pedas, dan segar menggugah selera dan rasa tersendiri saat memakannya. Selain itu leme akan lebih enak lagi jika dicampur udang atau ikan dan bila dimasak dengan campuran santan dan ditambahkan dengan ikan air tawar maupun ikan laut. Pada umumnya, lema dimasak dengan ditambah ikan mas, tongkol, maupun ikan yang biasa dikonsumsi manusia pada umumnya.

Ada yang penasaran dengan ke unikan dan rasa lema? Yuk datang aja ke Rejang Lebong karen lema hanya ada disana....

Terimakasih Atas Kunjunganya, Silahkan Tinggalkan komenta Anda Dibawah ini